Habis lepas RPM Ga mau langsung turun... nahan dulu di 1000rpm baru turun

Fq
- 28 April 2021, 23:28 WIB
Service Gran Max
Service Gran Max /Fq

OTONETTERS - Pernah ngalamin Sob ? atau lagi ngalamin mobil Avanza,xenia, gran max, luxio dan Terios, rush yang memiliki basis mesin sama ketika di lepas gas jarum RPM ga langsung turun ? membal dulu di 1100an RPM baru turun ke posisi idle ?

Gejalanya ketika di bawa agak berasa ketika kita lepas gas dan melakukan Engine Brake akan berasa bahwa mesin ketika sudah mau mencapai 1000 rpm nahan laju mobil kemudian lepas dan kembali nahan.

Walaupun efeknya sedikit namun tidak nyaman, mobil jadi tidak smooth ketika di kendarai.

Apa kemungkinan penyebab penyakit tersebut Sob ?

Baca Juga: Avanza RPM drop saat pasang AC

Pertama yang harus dilakukan adalah Scan dengan alat scanner engine. Apabila terdapat DTC yang muncul pada alat scanner sebaiknya di kerjakan sehingga DTC tersebut hilang.

Pada saat menulis Artikel ini kami sedang mengerjakan kasus serupa pada kendaraan Luxio. RPM menahan di 1100 kemudian baru turun.

Saat kami lakukan Scan didapat DTC P1604 yang artinya pernah terjadi Mobil sudah hidup maka di catet oleh ecu di dalam memorynya.

DTC P1604  = Startability Malfunction , DTC ini akan muncul pada scanner apabila mobil pernah di saterter Panjang baru hidup atau di starter panjang ga hidup hidup.

Halaman:

Editor: Fq

Sumber: otonetters


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X