Halogen,HID atau LED ya Sob ?

Fq
- 22 April 2021, 23:44 WIB
Halogen HID LED
Halogen HID LED /Fq

OTONETTERS - Kebanyakan lampu original bawaan pabrikan mobil keluaran 20 tahun silam adalah lampu Halogen. Yang kita maksud disini lampu besar ya Sob.

Lampu halogen merupakan teknologi yang cukup lama di gunakan untuk penerangan utama mobil kita. Halogen memanfaatkan gas halogen didalam tabung kaca yang akan berpindar ketika diberikan arus pada filament atau kawat yang ada di dalam tabung tersebut.

Halogen dapat bertahan lama digunakan di kendaraan terutama mobil karena biaya produksi yang cukup murah dan mudah dalam penggantiannya.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi otomotif, teknologi pada lampu mobil tidak ketinggalan, ikut berkembang.

Era awal tahun 2000an mulai dikembangkan teknolgi HID, High Intensity Discharge Xenon Lamp, memanfaatkan gas xenon didalam tabung kaca menghasilkan Cahaya yang super terang dan penyebaran maksimal.

HID kurang bisa menjadi pengganti Halogen secara massif karena memiliki beberapa kelemahan seperti umur yang tidak panjang , penggantian yang agak ribet karena memiliki modul yang terpisah dari bohlampnya dan juga cahaya yang super terang sering menyilaukan pengendara lain.

Tenang Sob, kalau pengen masang HID boleh boleh aja Sob, karena itu udah upgrade kok dari halogen ke HID. Penggunaan watt yang kecil dan cahaya putih dan super terang merupakan Upgrade yang cukup berarti dengan harga HID yang cukup murah saat ini dipasaran. Namun penggantian bohlamp secara rutin harus di ikhlaskan karena memang tipikal HID yang bukan memiliki umur panjang.

Mulai Tahun 2010an sudah mulai dikembangkan LED buat lampu besar mobil. LED memiliki cahaya yang lebih terang, umur lebih panjang dan pemakaian daya yang lebih sedkit di banding halogen dan juga HID.

Semakin kesini semakin murah teknologi LED sehingga makin berkembang penggunaannya di kendaran terutama mobil.

Halaman:

Editor: Fq

Sumber: otonetters


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X