Avanza RPM drop saat pasang AC

Fq
- 14 April 2021, 08:19 WIB
ISC Avanza
ISC Avanza /Fq

OTONETTERS - Avanza memang mobil bandel Sob, udah teruji bertahun tahun menjadi armada yang paling banyak digunakan untuk kegiatan operasional.

Namun ga ada yang " abadi " Sob, pada saatnya ada kalanya si Avanza ini harus mengalami break down maintenance.

Pada kali ini kita bahas kasus yang sering terjadi pada avanza dengan mesin k3 1300cc yaitu RPM drop ketika menyalakan AC.

Drop RPM ketika menyalakan AC merupakan indikator bahwa mesin kurang"power" untuk menerima beban kompresor AC.

Apa saja ya sob kemungkinan kemungkinan penyebabnya ?

  1. Idle Speed Controller (ISC) tidak bekerja : komponen ini mengatur RPM mesin saat Idle( pengemudi tidak menginjak gas). Ketika AC dinyalakan beban mesin bertambah berat jadi harus ada koreksi RPM agar tidak drop, hal ini dilakukan oleh  ISC. Kalau ISC rusak maka tidak terjadi koreksi RPM sehingga RPM menurun. 
    Selain ISC itu sendiri yang rusak bisa saja lubang saluran ISC tersebut kotor, jadi sebelum mengganti ISC sebaiknya lakukan pembersihan jalur ISC tersebut.  
    Lubang udara masuk isc avanza
    Lubang udara masuk isc avanza Fq
    Lubang udara masuk isc avanza
    Lubang udara masuk isc avanza Fq
  2. Koil mati satu , mesin K3 VE menggunakan 1 koil untuk 1 busi sehingga meskipun ada Koil yang mati atau lemah mobil akan tetap hidup namun dengan beberapa kekurangan. Seperti Idle tidak merata dan juga RPM drop ketika AC dinyalakan. 
    Lubang udara keluar ISC
    Lubang udara keluar ISC Fq
  3. Busi yang tidak sesuai spesifikasi : sering ditemukan masalah RPM drop ketika menyalakan ac karena busi yang terpasang salah tipe atau ujung elektrodanya terlalu rapat. Pastikan busi yang sesuai spesifikasi yang terpasang. Untuk mesin K3 non vvti gunakan BKR6E11 (NGK) atau K16 PRU11 (Denso) Sedangkan mesin K3 vvti gunakan busi DCPR7EA9(NGK) atau XU22PR9 (Denso). 
    Baca Juga: Mudik dilarang , persiapan harus jalan terus
  4. Kompresi mesin Rendah untuk 1 lubang cylinder atau lebih. Kompresi mesin merupakan angka yang menunjukkan tekanan yang mampu dihasilkan oleh tekanan piston mesin untuk menekan campuran bahan bakar dan udara. Kompresi dapat di ukur menggunakan alat test kompresi, mirip ketika kita mengukur tekanan angin dalam ban, hanya saja mengukur kompresi mesin melalui lubang busi dan mesin di starter agar mensimulasikan tekanan dalam cylinder. 
    Koil Avanza vvti
    Koil Avanza vvti Fq

    untuk mesin Avanza memiliki 4 cylinder sehingga dilakukan 4x pengukuran. 
    Normalnya mesin sehat akan menunjukkan angka 9,5bar atau di angka 140 psi. Apabila salah satu silinder atau lebih berada dibawah angka 100psi maka dapat dipastikan sumber masalah RPM drop ketika AC dinyalakan adalah kebocoran Kompresi tersebut.

 Baca Juga: Kapan ECU mobil anda perlu di service??

Demikian sob 4 kemungkinan penyebab RPM drop ketika ac dinyalakan. Selain kemungkinan kemungkinan di atas masih banyak kemungkinan lain, namun yang paling sering ditemukan dilapangan adalah yang tersebut diatas.

untuk menghindari terjadinya rpm drop saat ac dinyalakan ada baiknya perawatan berkala seperti tune up dilakukan rutin sebab tune up sudah meliputi pengecekan komponen komponen yang berkaitan diatas Sob.(*)

Editor: Fq

Sumber: otonetters


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X