Transmisi CVT Nissan XTrail T31 overheat? ini solusinya Sob

- 12 April 2021, 12:39 WIB
Penambahan Transmission cooler pada Nissan Xtrail T31
Penambahan Transmission cooler pada Nissan Xtrail T31 /

 

OTONETTERS - Banyak pemilik mobil Nissan Xtrail T31 yang mengeluhkan CVTnya overheat yang menyebabkan ECU masuk ke safe mode (engine check menyala) dan secara otomatis melimit kecepatan agar tidak bisa lewat dari 120 kpj walaupun pedal gas / throttle ditekan sampai mentok.

Salah satu pengguna yang complain terkait hal ini adalah om Djalil Sutriyono atau yang sering dipanggil om DJ yang kebetulan mengendarai Nissan Xtrail T31 keluaran tahun 2008, yang juga merupakan salah satu punggawa komunitas Black Nissan Xtrail BlacX-id.

Selidik punya selidik, ternyata Nissan Indonesia menyunat oil transmission CVT cooler di Nissan Xtrail T31 yang dijual di Indonesia, hal ini bisa dilihat pada diagram parts Nissan Xtrail T31 global yang secara jelas terlihat komponen transmission cooler seharusnya ada pada Nissan Xtrail T31.

Parts Diagram CVT Transmission Cooler di Nissan Xtrail T31 QR25DE
Parts Diagram CVT Transmission Cooler di Nissan Xtrail T31 QR25DE
 

Jadi solusi untuk mengatasi overheat di transmisi CVT Nissan Xtrail T31 ini adalah dengan menambahkan CVT transmisison cooler, dimana ada beberapa alternatif yang bisa dipilih:

Opsi pertama adalah aftermarket tranmission cooler seperti keluaran Hayden yang dipasaran lokal lewat toko online berkisar antara 1.6 - 1.8 juta. Opsi kedua pakai OEM transmission cooler Nissan Xtrail T32.

ATF cooler Hayden 676
ATF cooler Hayden 676

Selain komponen cooler yang perlu ditambahkan ada part lain yang harus diganti supaya bisa menghubungkan dan mengalirkan oli CVT dari transmisi ke cooler yang akan dipasang.

Halaman:

Editor: LeoWSY

Sumber: otonetters


Tags

Terkini

X